Koloid Perak (Ag+) Bekerja Sinergis dan Meningkatkan Efektivitas Obat Antibiotik Kimia

Penelitian klinis dari Departemen Mikrobiologi / Biologi Molekuler di Brigham Young University-, dan diterbitkan dalam jurnal Current Science, Vol. 91, No 7, 10 Oktober 2006, telah menunjukkan bahwa koloid perak bekerja sinergis dengan obat antibiotik, dan sering menghasilkan “aditif” efek ketika digunakan bersama mereka.

Dalam banyak kasus koloid perak (Ag+) dapat meningkatkan  kualitas obat tersebut untuk melawan infeksi.

Sebagian besar obat antibiotik yang ditunjukkan oleh para peneliti untuk menjadi sinergis dengan koloid perak (Ag+), bahkan dapat meningkatkan kemanjuran terhadap patogen mematikan seperti MRSA, Pseudomonas aeruginosa dan E. coli.

Fakta bahwa perak dapat meningkatkan kemanjuran obat antibiotik selanjutnya dikonfirmasikan dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal nano pada bulan Juni 2007.Dalam sebuah penelitian yang berjudul  “Synthesis and Effect of Silver Nanoparticles On the Antibacterial Activity of Different Antibiotics Against Staphylococcus aureus and Escherichia coli” (“Sintesis dan Pengaruh Nanopartikel Perak Di Aktivitas antibakteri dari Antibiotik Berbeda Terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli” ) para peneliti menemukan bahwa:

“Kegiatan antibakteri penisilin G, amoksisilin, eritromisin, klindamisin, dan vankomisin meningkat di hadapan perak nano-partikel (Ag-NP) terhadap kedua strain uji.

Bahkan, dalam studi lain, berjudul “Antibacterial Efficacy of Colloidal Silver Alone and In Combination With Other Antibiotics on Isolates from Wound Infections,” (“Khasiat antibakteri koloida Silver Alone dan Dalam Kombinasi Dengan Antibiotik lain pada Isolat dari Infeksi luka,”) diterbitkan dalam Jurnal Akademik, peneliti selanjutnya menegaskan bahwa koloid perak (Ag+) memiliki efek aditif yang signifikan terhadap banyak antibiotik.

Dengan kata lain, koloid perak (Ag+) tidak mengurangi efektivitas obat antibiotik, bahkan dalam kasus yang sangat sedikit di mana ia gagal untuk meningkatkan efektivitas obat. Singkatnya, (Ag+) tidak mengganggu penyerapan atau kemanjuran obat dalam hal apapun.